Kota Terindah – Finlandia adalah salah satu negara yang ada di Benua Eropa. Negara satu ini terkenal dengan pendidikan yang sangat baik. Selain itu, ternyata Finlandia juga mempunyai obyek wisata menarik dan patut untuk dikunjungi. Berikut beberapa referensi tempat wisata di Finlandia

1. Aland

Aland

Aland adalah kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau besar dan setidaknya ada 10.000 pulau kecil. Aland yang merupakan kawasan kepulauan otonom yang ada di antara Finlandia dan Swedia. Ada beberapa obyek wisata menarik dan sayang dilewatkan ketika berlibur ke Aland. Di antaranya adalah Museum Kapal Pommern, Museum Bahari, serta Museum Maritim yang berada di Mariehamn.

Museum-museum itu akan membuat anda dapat mengenal Aland dan sejarahnya dengan lebih baik lagi. Ada lagi Museum Jan Karls Garden di Kastelholm, di tempat ini anda dapat melihat simulasi kehidupan di Aland tahun 1890-an. Akan tetapi di balik itu semua, yang paling menarik adalah panorama dan keindahan alam Aland yang masih asri dan mempesona. Banyak pula restoran serta studio seniman yang sayang dilewatkan. Nah, jika anda berniat untuk mengunjungi Aland, anda dapat mencapai lokasi ini dari Stockholm naik pesawat berukuran kecil.

2. Helsinki

Helsinki

Selanjutnya ada Kota Helsinki. Ini adalah ibukota dari Negara Finlandia sekaligus juga merupakan kota utama yang ada di Provinsi Uusimaa (Nyland). Saat anda berkunjung kemari, anda akan jumpai beragam obyek wisata yang indah dan menawan. Beberapa obyek wisata di Helsinki antara lain adalah Museum Kota Helsinki, Museum Nasional Finlandia, Galeri Seni Finlandia.

Di kota yang satu ini, banyak diadakan pameran seni baik pameran seni klasik dan juga modern. Beberapa peninggalan masa lampau yang dapat kita lihat di Helsinki antara lain adalah banyaknya gereja tua dan beberapa rumah pendeta yang pembuatannya dari batu yang berwarna abu-abu.

3. Northern Lights

Northern Lights

Northern LightsNorthern Lights, ini adalah cahaya yang berwarna hijau berasal dari utara dan jarang sekali muncul di bumi. Cahaya ini akan muncul antara bulan September sampai dengan bulan Maret. Dan bila anda ingin menyaksikan cahaya kehijauan ini, bisa datang ke Lapland, Finlandia.

Di bulan-bulan tersebut juga banyak pelancong yang berkunjung ke Lapland untuk menyaksikan keindahan Northern Lights. Hotel-hotel serta penginapan yang ada di sana juga banyak yang menyediakan khusus bagi mereka yang ingin melihat Northern Lights.

4. Oulu

Oulu

Oulu Tempat wisata selanjutnya adalah Oulu. Tempat yang berlokasi di utara Teluk Bothnia ini, selalu banyak dikunjungi wisatawan. Pada musim semi, menghabiskan liburan di sini sangat menyenangkan karena akan banyak acara olahraga yang diadakan sebagai contoh adalah lomba ski yang selalu digelar di Oulu.

Beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi antara lain adalah Tietomaa Science Center sebelah timur Oulu Botanic Garden. Ketika musim panas tiba, anda akan melihat banyaknya wisatawan yang menghabiskan waktu pagi mereka di Market Square. Tidak heran, sih, karena lokasi ini memang banyak pedagang yang menjajakan kuliner khas Finlandia sampai makanan tradisionalnya dengan harga sangat terjangkau.

5. Hameenlinna

Hameenlinna

Lokasi Hameenlinna ada di kawasan Danau Vanajavesi. Pendirian kota ini dilakukan oleh Gubernur Swedia Pre Brahe pada 1639. Anda dapat temukan Bukit Hattelmala pada batas bagian selatan Hameenlinna. Salah satu obyek wisata yang khas dan populer dari tempat ini adalah kastil bata merah yang tepatnya ada di Aulanko Park. Hameenlinna juga terkenal sebagai kota kelahiran dari komponis Finlandia yang populer bernama Jean Sibelius (1865-1957) serta penyair Paavo Cajander (1846-1913).

Beberapa lokasi yang dapat kita kunjungi saat menghabiskan liburan di Hameenlinna antara lain adalah untuk di bagian tengah ada Market Square atau Kauppatori, untuk di timurnya ada Gereja Lutheran yang mempunyai Patung Paavo Cajander di taman depannya. Ada balai kota juga di selatan alun-alun. Jangan lupa pula untuk singgah di Hammenlinna Historical Museum yang lokasinya tidak jauh dari Taman Nasional Hammenlinna dan satu lagi yang menarik untuk didatangi yaitu kastil tepi Vanajavesi.

6. Jyvaskyla

Jyvaskyla

Tempat yang didirikan oleh Tsar Nicholas 1 pada 1837 ini merupakan sebuah kota kecil di mana berperan sebagai pusat budaya dan administrasi Finlandia, termasuk persimpangan lalu lintas juga. Pusat industri logam yang juga sibuk dengan berbagai kegiatan perdagangan ini mempunyai beberapa obyek wisata menarik dengan pemandangan indah.

Bangunan batu modern dan rumah kayu yang masih tradisional pun ada. Monumen penulis Finlandia yang bernama Minna Canth (1844-1897) pun dapat dikunjungi di sini. Kota yang satu ini juga kaya akan bangunan gereja tua, pelabuhan, dan juga teater yang menampilkan berbagai pertunjukan seni Finlandia. Salah satu acara festival di Finlandia yang menarik perhatian wisatawan untuk datang berkunjung adalah festival budaya tahunan di bulan Juni.

7. Tampere

Tampere

Kota ini adalah yang paling indah di seluruh Finlandia. Letaknya ada di antara dua danau yaitu Danau Nasijarvi dan juga Danau Phyhajarvi. Tampere sering menampilkan teater yang terbuka, festival budaya, sampai dengan terkenal karena tim olahraga yang populer sekali.

Festival budaya dapat anda saksikan saat berkunjung ke Museum Lenin, Municipal Library, sampai dengan taman, danau, lokasi hiburan bernama Sarkanniemi. Ketika masuk kawasan Tampere, yang dapat dilihat wisatawan antara lain adalah desa tua Ruovesi dan Virrat, juga sebuah jalur termasuk untuk kapal motor Silverline serta kapal uap yang kuno.

8. Lemmenjoki National Park

Lemmenjoki National Park

Lokasi ini adalah taman yang paling besar di negara Finlandia dan juga taman nasional terluas di Daratan Eropa. Bagi anda para pecinta alam, tempat ini dapat menjadi pilihan tepat lokasi liburan anda. Nah, ada beratus-ratus mil jalan yang dapat dijelajahi di sini dan tentu saja sepanjang perjalanan akan banyak dijumpai tempat peristirahatan atau gubuk sewa dan lengkap dengan api unggunnya.

Dari taman ini pula anda dapat melihat Sungai Lemmenjoki yang sangat indah mengalir ke lembah pepohonan pinus yang menawan. Pengunjung yang datang dapat melakukan tur wisata dan ada beberapa hewan langka yang bisa anda lihat diantaranya adalah beruang cokelat, elang, serigala, sampai dengan rusa.

9. Lake Saimaa dan Savonlinna

Lake Saimaa dan Savonlinna

Jika anda penggemar wisata air, termasuk juga olahraga air, sangat tepat datang ke Finlandia bagian timur yang memang didominasi oleh kawasan perairan dibandingkan daratan. Ada puluhan ribu sungai, danau, rawa, dan juga kolam. Danau yang mendominasi wilayah ini adalah Danau Saimaa dengan pulau yang banyak ditumbuhi hutan-hutan pinus. Perlu diketahui bahwa Danau Saimaa mempunyai julukan danau seribu pulau. Untuk Savolinna sendiri adalah salah satu kota utama yang ada di Finlandia. Savolinna terkenal dengan resort serta spa liburannya.

Tempat ini diapit oleh Pihlajavesi (selatan) dan Haapavesi (utara). Castle Olavinlinna adalah salah satu tempat wisata andalan di Savolinna. Apabila anda ingin naik perahu wisata dari Savolinna ke kota yang lainnya, dapat melewati Danau Saimaa. Salah satu tujuannya adalah ke Punkaharju. Beberapa yang dapat anda temukan adalah Retretti paling besar di negara nordik, biara-biara Uusi Valamo juga Lintula. Jangan lupa untuk merasakan sensasi menarik berlayar menyusuri Kanal Saimaa ke Vyborg yang bermuara di Laut Baltik.

10. Archipelago National Park

Archipelago National Park

Archipelago National Park atau disingkat dengan ANP ini berdiri tahun 1983. Tempat ini termasuk berhawa sejuk juga punya laut cukup tenang. Archipelago National Park mempunyai percampuran budaya antara Rusia, Finlandia, dan Swedia yang unik dan menarik wisatawan untuk berkunjung.

Di lokasi yang satu ini wisatawan bebas untuk memilih perahu untuk melakukan perjalanan wisata, mau menggunakan perahu layar atau bisa juga perahu motor. Bila anda ingin memperoleh tangkapan ikan trout besar datanglah kemari. Tiap tahunnya setidaknya ada lebih dari 60.000 pelancong yang datang berwisata. Pulau-pulau yang dapat dikunjungi saat kemari antara lain adalah Pulau Noto, Jurmo, uto, Aspo, dan Houtskar.

11. Rauma

Rauma

Kawasan di Finlandia yang masuk ke dalam situs warisan dunia dari UNESCO ini terkenal dengan kerajinan renda kualitas tinggi dan sekaligus jadi pelabuhan yang paling tua di Finlandia.

Yang menjadi daya tarik Rauma selanjutnya adalah arsitektur kayu antic dan pelabuhan paling besar ke lima di Finlandia sehingga tak heran jika rauma ini banyak yang mengunjugi dan tidak pernah sepi dengan pengunjung yang ingin melihat segala keindahan dan keunikan yang berada di rauma ini. Dan bagi anda yang sudah berada di finlandia dijamin tidak akan menyesal jika sudah berkunjung ke tempat wisata rauma ini.

12. Koli National Park

Koli National Park

Lokasinya di bagian Timur Finlandia. Tempat ini terkenal dengan pemandangan alam yang menawan juga warisan budaya yang usianya sudah mencapai 250 tahun. Koli adalah habitat bagi banyak hewan dan tumbuhan langka.

Saat datang kesini, anda akan jumpai hutan boreal, padang rumput, rawa, dataran rendah, hutan Fennoscandian, sampai dengan batu silikat yang merupakan daya tarik tersendiri dari tempat wisata ini sehingga tempat wisata ini tidak pernah sepi dengan pengunjung yang berdatangan ke tempat wisata ini.

13. Helsinki Cathedral

Helsinki Cathedral

Selanjutnya ada Helsinki Cathedral. Katedral yang tergolong indah dan antik ini pembangunannya diperuntukkan bagi Grand Duke, Nicholas 1, Tsar Rusia. Sebelumnya gereja ini bernama gereja St. Nicholas sebelum Finlandia merdeka pada 1917.

Arsitektur nan mempesona dengan kubah hijau tinggi serta 4 buah kubah kecil bergaya neoklasik. Helsinki Cathedral termasuk dalam salah satu obyek wisata religi yang paling terkenal di Finlandia dan menjadi daya tarik tersendiri di tempat wisata ini yang membuat banyaknya para pengunjung yang berdatangan ke tempat wisata ini dan dijamin tidak akan pernah menyesal.

Advertisements